Ayo Hadiri..! Kemeriahan Festival Gemilang Budaya dan Deklarasi Jawara Cikupa di Kelurahan Bunder 

Ayo Hadiri..! Kemeriahan Festival Gemilang Budaya dan Deklarasi Jawara Cikupa di Kelurahan Bunder 

Smallest Font
Largest Font

PETIRNEWS | KABUPATEN TANGERANG-Pemerintah Kecamatan Cikupa  menggelar rapat persiapan Festival Seni Budaya Gemilang Jawara Cikupa Tahun 2024 di ruang rapat Aula Kelurahan Bunder, Kamis (29/8/2024). 

Festival Seni Budaya  Gemilang Jawara Cikupa Tahun 2024 rencana akan dilaksanakan pada Sabtu malam Minggu,  tanggal 31  Agustus 2024 di Lapangan Bunder, Kelurahan Bunder.

 Persiapan festival berskala Kecamatan ini dihadiri oleh Pihak Pemerintah Kecamatan Cikupa, Pemerintahan Kelurahan Bunder dan Pihak Polsek Cikupa. Dan Pelaksana dari Kegiatan ini adalah Organisasi TTKDH Kecamatan Cikupa.

Pemerintah Kecamatan Cikupa, dalam hal ini Camat Cikupa Supriyadi, S.STP., MIP  saat memimpin rapat menyampaikan bahwa kegiatan ini akan langsung ditangani Pemerintah Kecamatan Cikupa dan Kepanitiaannya dipercayakan kepada Pengurus TTkDH Tingkat Kecamatan Cikupa. Ia menyebut pentingnya kesuksesan acara ini sehingga harus diselenggarakan secara profesional.

“Harapan saya nanti festival ini banyak orang datang. Rencana saya, nanti seluruh perguruan akan saya undang. Di Cikupa ini banyak sekali  Perguruan-Perguruan dan Paguyuban Seni Budaya Pencak Silat. semua sudah maju. Harapan saya nanti partisipasi dari semua paguyuban  nantinya kita hadirkan di Acara nanti,” ucapnya.

Agenda besar ini, lanjutnya, diharapkan dapat mengangkat dan melestarikan Budaya Pencak Silat dalam bingkai Cikupa Guyub Ngahiji,  Untuk itu, semua harus dipersiapkan dengan matang dan sehingga agenda dapat terlaksana dengan baik dan meriah.

Festival Gemilang Jawara Cikupa Tahun 2024 mengusung tema “ Apresiasi Prestasi Karya Seni Dalam Bingkai Tradisi,"  sekaligus Deklarasi Jawara Cikupa. 

Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya kepada Generasi Muda, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa di Tengah keberagaman budaya, sehingga Masyarakat Cikupa yang beragam ini Guyub Ngahiji dan  mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni dan budaya Pencak Silat, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan bahkan ini bisa menjadi  potensi pariwisata jika kita serius mengelola Budaya kita ini. Cikupa akan menjadi satu dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang yang kaya akan Budaya Warisan Leluhur.

Kegiatan dimeriahkan dengan pagelaran budaya  diantaranya  Pagelaran Pencak Silat Tingkat Paguron,  Papag Satria Paguron, Ibing Kolosal Kelid Cikupa, Ibing Golempangan, Rempak Kendang Usia Dini, Apresiasi Jawara Kasepuhan, Apresiasi Pelatih Paguron, Apresiasi Atlet Berprestasi, Gembrung Jawara Cikupa, Sarung Guyub Cikupa Ngahiji,  dan Deklarasi Jawara Cikupa.

Hj Ine Susilawati, A.Md Kep..SKM saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan.di Kelurahan Bunder dan pihaknya dalam hal ini Kelurahan Bunder bersama Pemerintahan Kecamatan Cikupa berkolaborasi dengan berbagai Perguruan silat yang ada di Kecamatan Cikupa  mensupport Kegiatan Festival Gemilang Jawara Cikupa.

" Alhamdulillah, persiapan sampai hari ini sudah 90% dan segala akomodasi dan   persiapan teknis serta non teknis tinggal beberapa lagi dan InsyaAllah Pemerintah.Kelurahan Bunder sebagai Tuan rumah siap mensukseskan Kegiatan ini," tutur Lurah Hj. Ine.

Dengan Adanya kegiatan ini, menurut Lurah Hj Ine Susilawati dapat meningkatkan dan menggairahkan perekonomian UMKM di Kelurahan Bunder, karena dilokasi ini ada Bazar dan   mengundang banyak orang sehingga Ekonomi masyarakar di sini bisa terbantu.

Lurah Hj Ine mengajak kepada Masyarakat Kelurahan Bunder untuk berpartisipasi dan mensuksekan acara ini dan mengajak Masyarakat Cikupa untuk datang Ke Kelurahan Bunder. 

" Ayo Sukseskan bersama sama acara Festival Gemilang Jawara Bamten 2024 ini," tutup Lurah Hj Ine.

Acara Gemilang Jawara Banten ini menghadirkan Organisasi TTKDH, Pencak Silat Garuda,  PERSINAS ASAD, TERATAI, TAPAK SUCI..(Jum)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author