Jadi Langganan Banjir,  Jumadil Qubro: Jangan Menyerah Pada Alam

Jadi Langganan Banjir,  Jumadil Qubro: Jangan Menyerah Pada Alam

Smallest Font
Largest Font

PETIRNEWS | KABUPATEN TANGERANG-Hujan deras sejak siang tadi di Wilayah Kecamatan Cikupa membuat beberapa titik diberbagai ruas jalan tergenang air, akibat drainase dan kali atau saluran  air tidak mampu menampung debit air hujan yang cukup, Selasa (25/6/2024).

Salah satunya adalah jalan desa yang letaknya tepat di Rt.007/03 depan Kantor Desa Talagasari. 

Jalan Desa yang dilalui oleh Kali sudah menjadi langganan banjir jika musim penghujan tiba. Kali atau sungai Kecil  disamping kantor Desa meluap ke jalan akibatnya genangan air mengganggu para pengguna jalan baik yang menggunakan Roda dua dan Roda 4 terganggu.

Genangan air setinggi lutut orang Dewasa membuat para pengendara harus ektra berhati hati, karena lokasi cekungan ini membuat air hujan atau aliran mengarah ke lokasi jalan depan kantor Desa yang cukup rendah, sementara jalan di sebelah Timur dan Barat kantor Desa begitu tinggi. 

Sementara itu, pantauan awak media dibeberapa titik lainnya di Desa Talagasari, sama halnya dengan jalan didepan kantor Desa Talagasari tergenang air setinggi lutut orang Dewasa. Seperti Jalur Pertamina yang terletak di Rt.010/02 jalan penghubung pun tenggelam tak terlihat, dan lokasi belakang Pabrik New Red and white pun air sudah mulai.naik ke pemukiman pendusuk di Rt 014/03 dan dibelakang Kantor Kecamatan Cikupa air cukup tinggi.

Rahmat (48 tahun), warga Asli Madiun yang bekerja di salah satu perusahaan di Desa Talagasari yang kebetulan tempat tinggalnya dekat kali menyampaikan bahwa jika diguyur hujan deras intensitasnya tinggi, dilokasi ini akan menjadi langganan banjir. Apalagi kali cibadak yang kerap disebut warga ini adalah kali aliran air dari arah citra raya.

" Sudah langganan banjir, mas disini mah, apalagi hujannya lama.dan deras dah pasti di dekat kantor desa ini menjadi langganan banjir, apalagi posisi jalan cekung,"Ujar Rahmat.

Jumadil Qubro, pengamat lingkungan Talagasari mengemukan bahwa banjir di area Kantor Desa Talagasari jangan dibiarkan, Kali atau sungai kecil yang berada jaraknya cuman 10 meter ini mengalami pendangkalan, Kali kecil ini harus segera di normalisasi atau segera bersihkan karena rumput dan sampah sudah masuk kali ini.

" Banjir di Lokasi Depan Kantor Desa Talagasari jangan dibiarkan, segera normalisasi atau pengerukan tanah dan sampah yang masuk kali ini sehingga mengalami pendangkalan," ujar Jumadil Qubro.

Lebih lanjut, Ia mengatakan hendaknya Pemerintah Desa Talagasari segera gandeng mitra dengan dinas terkait untuk membersihkan jalur sepanjang hampir 2 Km ini dari depan Kantor Kecamatan Cikupa  Hingga Pabrik Pokpan ini. Jalur aliran sungai kecil ini hendaknya di prioritaskan perawatannya. 

" Kali kecil aliran sungai dalam perawatannya harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan silahkan gandeng stokholder dan dinas terkait untuk perawatah daerah aliran sungai kecil ini, jangan menyerah pada alam," tutupnya. (Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author